preloader

Blog

Cara konsumsi jamu dengan aman

Jamu atau yang lebih dikenal dengan obat herbal oleh masyarakat sudah sejak lama dipergunakan untuk mengatasi gejala atau penyakit tertentu. Karena terbuat dari bahan alami jamu dikenal tidak memiliki efek samping, dan memiliki beberap khasiat untuk tubuh. Meski obat ini terbuat dari bahan alami dan sudah sejak lama digunakan, tapi perlu diperhatikan cara mengkonsumsi obat herbal yang aman agar terhindar dari efek yang tidak diinginkan.

Masa kini jamu atau obat tradisional dibedakan menjadi 2 jenis, ada jamu atau obat tradisional produksi industri dan jamu segar.

Dalam mengkonsumsi jamu segar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:

1. Higienitas dalam proses pembuatan

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi jamu segar yakni harus dibuat tanpa bahan kimia, tanpa bahan pengawet, dan higienis atau terjamin kebersihannya

2. Langsung dihabiskan

Jamu segar sebaiknya langsung dikonsumsi segera dan langsung dihabiskan, dan maksimal waktu penyimpanan jamu segar dalam suhu ruangan adalah 12 jam, jika tidak segera dihabiskan sebaiknya disimpan dilemari pendingin (kulkas) dan maksimal penyimpanan selama 3 hari.

3. Tidak melebihi dosis

konsumsi jamu segar harus dilihat juga pada kebutuhan tubuh sehari-hari. Batasan yang harus diingat adalah maksimal 4 gelas jamu dalam sehari

4. Cukupi kebutuhan makanan dan air putih

jamu segar memang banyak memiliki khasiat dalam meningkatkan imunitas tubuh, namun saat konsumsi jamu harus juga diimbangi dengan konsumsi asupan makanan dan air putih yang cukup.

Sebagian besar produk jamu terbuat dari bahan alami, sehingga aman untuk dikonsumsi. Meski begitu, jamu tetap berpotensi menyebabkan efek samping. Agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan, berikut tips-tips saat ingin mengkonsumsi jamu produksi industri:

  1. Pastikan produk jamu sudah terdaftar ddi BPOM RI
  2. Periksa tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan produk
  3. Ikuti petunjuk pemakain dan dosis yang tercantum pada kemasan
  4. Hubungi layanan konsumen produk jamu untuk mengetahui lebih jelas menganai informasi produk
  5. Hentikan penggunaan obat herbal apabila ada gejala lain yang muncul setelah mengkonsumsi jamu
  6. Konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengkonsumsi jamu
  7. Pastikan tidak memiliki Riwayat alergi terhadap bahan yang terkandung dalam jamu
  8. Untuk kondisi tertentu seperti anak-anak, orang dengan gangguan fungsi ginjal dan hati, diminta lebih berhati hati sebelum mengkonsumsi jamu.

Selain itu ada beberapa jamu yang tidak bisa dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan medis seperti obat penurun tekanan darah, obat pengencer darah dan obat diabetes, karena dapat menimbulkan interaksi obat dan efek samping yang serius.

-mahardika

Lebih banyak
artikel

Set your categories menu in Header builder -> Mobile -> Mobile menu element -> Show/Hide -> Choose menu
Shopping cart
Start typing to see posts you are looking for.